Looking For Anything Specific?


5 Fakta Menarik Mochi, Kudapan Jepang dengan Bermacam Jenis dan Makna

DoyanMakan66 - Pencinta masakan Jepang atau hal-hal yang berbau jejepangan pasti tidak asing dengan kudapan bernama mochi. Mochi ini merupakan semacam kue beras berbentuk bulat yang di dalamnya berisi pasta kacang merah. 

Sekarang ini, sudah banyak kreasi-kreasi mochi seperti mochi ice cream, ichigo daifuku, bahkan ada yang dijadikan makanan savoury. Artikel berikut akan membahas serba-serbi dari mochi. Ingin tahu lebih lanjut tentang informasi menarik mengenai mochi? Simak ulasannya berikut ini!

1. Mochi terbuat dari mochigome

Mochi (餅) merupakan kue beras asal Jepang yang terbuat dari mochigome (糯米) atau beras ketan berbutir pendek. Untuk membuat mochi, beras ketan dikukus terlebih kemudian ditumbuk dan dihaluskan untuk.

Mochi sudah lama terkenal disajikan untuk acara tahun baru. Di Jepang, mochi dibuat secara tradisional dalam upacara mochitsuki. Namun seiring berkembangnya zaman, bahan baku kue mochi yang berupa beras ketan dapat lebih mudah didapatkan dengan memanfaatkan tepung beras ketan sehingga pembuatan mochi jadi lebih cepat dibuat dengan kualitas yang seragam.

Mochi memiliki tekstur yang chewy dengan isian pasta kacang yang lezat.

2. Dahulu, mochi dihidangkan pada perayaan-perayaan tertentu

Mochi berkembang diduga bersamaan dengan adanya budidaya padi di Jepang. Pada Periode Nara (710-794), mochi digambarkan sebagai kudapan populer di kalangan bangsawan.

Pada Periode Heian (794-1185) mochi dihidangkan pada perayaan-perayaan khusus. Masyarakat memakan kagami mochi di Bulan Januari, kusa mochi di Bulan Maret, dan kashiwa mochi dihidangkan pada Bulan Mei.

Botamochi, yakimochi, dan mochigashi menjadi mochi yang terkenal di zaman Periode Kamakura. Pada Periode Edo, masyarakat memasukkan mochigashi sebagai perayaan tahunan.

3. Ragam variasi mochi dan maknanya

Mochi memunyai ragam macam seperti kagami mochi, kusa mochi, kashiwa mochi, dan lainnya. Kagami mochi merupakan mochi berbentuk bundar seperti cermin.

Kagami mochi sendiri merupakan salah satu dari tiga harta karun suci dalam mitologi Jepang. Kagami mochi ditumpuk sebagai persembahan, kemudian di atasnya diberi jeruk kecil yang dinamakan daidai.

Berbeda lagi dengan kusa mochi yang terbuat dari yomogi atau mugwort Jepang dan berbentuk berlian. Kusa mochi melambangkan kekuatan serta dipercaya dapat mengusir roh jahat. Warna kusa mochi di berbagai daerah bisa berbeda-beda. Namun biasanya ada tiga warna yaitu hijau, putih, dan merah muda. Ketiga warna tersebut melambangkan kesehatan, pemurnian, dan perlindungan terhadap roh jahat.

Jenis mochi lainnya adalah kashiwa mochi, mochi yang dibuat dengan melipat kue mochi yang berbentuk bundar pipih kemudian diisi dengan pasta kacang dan dibungkus dengan daun kashiwa. Kashiwa mochi tercipta pada zaman Periode Edo dan digunakan untuk Hari Anak Laki-laku yang diperingati pada tanggal 5 Mei. Daun kashiwa yang tidak rontok hingga tunas baru tumbuh melambangkan keturunan yang sejahtera. Agen Domino99

4. Isian mochi biasanya adalah pasta kacang merah

Isian mochi biasanya adalah anko atau pasta kacang merah manis yang terbuat dari kacang azuki. Mochi juga bisa diisi dengan shiroan atau pasta kacang putih yang terbuat dari lima beans atau butter beans. Shiroan memiliki rasa yang lebih ringan daripada azuki.

Lebih lanjut, pasti sudah banyak yang mengenal strawberry daifuku atau mochi yang berisi stroberi dan pasta kacang atau whipped cream. Sekarang ini, isian mochi juga bervariasi seperti matcha, wijen hitam, custard, dan bahkan ada mochi dengan isian es krim.

5. Tak hanya rasa manis, mochi juga dikreasikan menjadi asin-gurih

Selain bisa langsung dimakan, mochi dapat dikreasikan dalam menjadi berbagai masakan. Contohnya adalah isobe mochi adalah hidangan berbahan mochi yang dipanggang dan dibumbui dengan soy sauce kemudian dibungkus dengan rumput laut. Kemudian ada kinako mochi adalah mochi yang dicampur dengan tepung yang terdiri dari kinako dan gula.

Lalu ada Karami mochi, suatu hidangan yang terbuat dari mochi yang dicampur dengan lobak putih/daikon dan soy sauce biasanya ditambahkan katsuobushi, rumput laut, chili peppers, dan daun bawang. Ada juga oshiruko yaitu perpaduan mochi, dumpling, dan kacang kastanye yang dimasak dengan bubur kacang azuki manis.

Chewy dan legit di luar serta manis di dalam, kurang lebih itulah yang menggambarkan tekstur dan rasa dari mochi. Tak hanya jenis mochi manis, ada juga mochi yang bisa dibuat dengan rasa asin-gurih. Kira-kira, apa nih mochi kesukaanmu?

Posting Komentar

0 Komentar