Looking For Anything Specific?


Padahal Enak, 5 Makanan Ini Dilarang Disajikan Saat Imlek

DoyanMakan66 - Perayaan Imlek identik dengan pernak-pernik berwarna merah dan emas. Tak cuma itu, Imlek di Indonesia juga identik dengan makanan khasnya, lho. Ada kue keranjang, ikan bandeng, moon cake, sampai bebek peking. Deretan makanan yang disebutkan tadi tak serta merta disajikan. 

Masing-masing memiliki lambang atau simbol yang baik bagi kehidupan. Lain hal dengan lima makanan berikut ini. Padahal enak, makanan-makanan ini justru dilarang disajikan saat perayaan Imlek, lho. Apakah kamu sudah tahu? 

1. Kepiting

Senikmat apapun kepiting diolah, baik menjadi kepiting lada hitam atau kepiting saus padang, kepiting termasuk makanan yang pantang disajikan saat Imlek. Alasannya karena hewan bercapit ini jalannya miring.

Konon, menurut budaya China hal tersebut bisa mempengaruhi setiap usaha yang kita jalankan, di mana sulit atau bahkan bisa tidak bisa maju. Sebab itu, kepiting jadi makanan yang dilarang disajikan pada saat perayaan Imlek.   

2. Bubur

Karena Imlek di Indonesia jatuh pada saat musim hujan. Biasanya cuaca pada hari perayaan Imlek cenderung mendung, dingin, dan hujan. Asyik banget pasti kalau bisa menghabiskan semangkuk bubur dengan ragam topping yang lezat. Sayangnya, menyajikan bubur pada saat Imlek juga termasuk hal terlarang, lho.

Kamu pasti sudah tahu, kan, jika bubur dibuat dari beras yang dimasak dengan air dalam kapasitas yang banyak. Ternyata hal tersebut bisa mendatangkan nasib buruk menurut kepercayaan orang China. Ditambah dengan fakta bahwa dahulu bubur merupakan makanan yang dikonsumsi orang miskin. Alhasil bubur masuk dalam daftar makanan yang dilarang disajikan saat Imlek. 

3. Makanan berwarna putih

Ternyata gak cuma makanan tertentu saja. Warna makanan pun ada yang dilarang pada saat Imlek, lho. Warna putih utamanya. Makanan berwarna putih seperti tofu atau tahu, keju, sampai bubur, dilarang disajikan pada saat perayaan Imlek meski dikreasikan menjadi hidangan selezat apapun. 

Lalu, kenapa makanan putih dilarang disajikan saat Imlek? Menurut keyakinan masyarakat China, warna putih itu merupakan simbol kematian. Sebab itu, gak cuma pernak-pernik saja, makanan berwarna putih pun dilarang disajikan saat perayaan Imlek. DominoQQ

4. Lobster

Dianggap sebagai seafood yang mewah, siapa sangka jika lobster termasuk makanan yang diblacklist dari perayaan Imlek, lho. Padahal lobster enak banget apalagi jika sudah diolah menjadi lobster panggang dengan siraman saus atau lobster goreng telur asin. Bikin ngiler!

Alasannya sama seperti kepiting. Lobster termasuk hewan yang jalannya mundur, dan menjadi simbol kemunduran. Perayaan Imlek yang identik dengan sukacita dan berharap peruntungan, rasanya makanan olahan lobster tak cocok untuk jadi sajian di hari yang istimewa. 

5. Sayap ayam

Apakah kamu penyuka sayap ayam, dan merayakan Imlek tahun ini? Ada baiknya tunda dulu keinginanmu untuk menghabiskan sayap ayam meski diolah senikmat mungkin. Sebab, sayap ayam juga termasuk makanan dilarang disajikan saat Imlek. 

Namanya juga sayap ayam, konon alasannya berkaitan dengan anatomi tubuh ayam ini. Menurut budaya orang China, sayap ayam bisa membuat seseorang kehilangan keberuntungannya. Mereka menganggap jika keberuntungan orang yang memakan sayap ayam saat Imlek bakal terbang. 

Wah, ternyata lima makanan tadi memiliki alasan kenapa dilarang disajikan sebagai perayaan Imlek. Tapi, bagi masyarakat China yang merayakan Imlek tidak bakal sedih, kok. Karena hanya pada saat Imlek saja tidak diperbolehkan mengonsumsi deretan makanan yang disebutkan tadi. Di samping itu, ada beragam dan banyak sekali makanan yang dianjurkan dikonsumsi saat Imlek, lho.

Posting Komentar

0 Komentar