Looking For Anything Specific?


Resep Kue Putu Pandan tanpa Cetakan Bambu, Gampang Banget Buatnya!

  

  Doyanmakan66 - jika diperhatikan, kini kue putu pandan sudah gak begitu eksis seperti dulu. Penjaja kue putu bersepeda semakin jarang dijumpai. Padahal di beberapa momen, terkadang kita merasakan rindu akan rasa dan aromanya yang mengingatkan pada kenangan manis masa kecil. Kue berwarna hijau pandan dengan isian gula merah yang lumer ini terasa begitu spesial karena kenikmatannya. Gak butuh waktu lama untuk menghabiskannya, padahal suhunya masih begitu panas.Untuk mengatasi kerinduanmu akan kue putu pandan, kamu bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep kue putu pandan tanpa cetakan bambu berikut ini.

Meskipun teknik pembuatan dan peralatan yang dibutuhkan memiliki banyak perbedaan, tapi bahan, cita rasa, tekstur, dan aromanya tetap sama, lho.SahabatQQ


Bahan Kue Putu Pandan tanpa Cetakan Bambu

200 gram tepung beras 

130 ml air panas 

1 sdt pasta pandan 

1 sdt garam Gula merah secukupnya, sisir 

Kelapa parut secukupnya 

DominoQQ

Cara Membuat Kue Putu Pandan tanpa Cetakan Bambu       

     

Campurkan kelapa parut dengan setengah sendok teh garam. Aduk hingga rata, lalu kukus hingga matang dan sisihkan. Masukkan setengah sendok teh garam ke dalam wadah berisikan tepung beras. Aduk hingga tercampur rata. Campurkan air panas dengan pasta pandan dan aduk hingga tercampur rata. Tuangkan air campuran pasta pandan secara bertahap ke dalam campuran tepung beras. Aduk hingga merata dan gak menggumpal menggunakan tangan. Masukkan adonan kue putu ke dalam ayakan tepung. Ayak adonan hingga gak ada bahan yang menggumpal sambil diaduk-aduk. Ambil sekitar 1 sendok makan adonan kue putu pandan, lalu masukkan ke dalam cetakan kue mangkok. Ratakan dengan cara ditekan-tekan menggunakan sendok. Beri gula merah sisir secukupnya pada bagian tengahnya. Kemudian, tutup dengan 1 sendok makan adonan kue putu pandan. Ratakan dan tekan-tekan kembali. Lakukan cara yang sama untuk seluruh adonan kue putu yang tersisa. Panaskan panci kukusan, lalu tata cetakan berisikan adonan kue putu pandan di dalamnya. Tutup panci kukusan menggunakan tutup panci yang telah dilapisi dengan kain. Kukus adonan kue putu pandan hingga matang. Setelah matang, biarkan kue putu pandan menghangat sebelum dikeluarkan dari cetakannya. Sajikan kue putu pandan bersama parutan kelapa yang telah dikukus sebelumnya. 

Domino99

Tips Membuat Kue Putu yang Matangnya Merata

Buat kamu yang dulu sering membeli kue putu keliling pasti sudah tahu jika kue ini dikukus menggunakan uap panas yang mengepul. Uap panas yang berasal dari air mendidih ini membuat adonan kue putu bisa matang sempurna.Meskipun gak menggunakan alat atau perlengkapan yang sama, kamu tetap bisa membuat kue putu yang matangnya merata menggunakan alternatif cetakan kue mangkok atau daun pisang, serta panci kukusan.Agar bisa matang merata, pastikan gak ada bahan yang menggumpal saat proses pencampuran bahan. Kamu bisa menggunakan ayakan tepung untuk memastikan gak ada bahan yang menggumpal.

Selain itu, pastikan panci kukusan telah dipanaskan hingga air di dalamnya benar-benar mendidih dan jaga agar uap panas tetap melingkupi kue putu selama proses pengukusan.

  Link Alternatif :PLAYSAHABA.ORG

Jangan lupa untuk melapisi tutup panci dengan kain biar gak ada uap air yang menetes dan akhirnya merusak tekstur kue putu buatanmu. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar