Resep Amplang Ikan Tenggiri Asli, Camilan Favorit buat Kumpul-kumpul

 Doyanmakan66 - Amplang merupakan salah satu camilan tradisional khas Samarinda. Bagi kamu yang pernah berkunjung ke kota tersebut, pasti sudah mencoba gurihnya camilan ini, kan? Amplang biasanya terbuat dari olahan ikan tenggiri dan memerlukan waktu yang cukup lama pada proses penggorengannya.SahabatQQ


SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya

Meski begitu, membuat amplang terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu beberapa bahan dan bumbu untuk mendapatkan camilan selezat ini. Seperti apa kira-kira resep lengkapnya? Yuk, simak!DominoQQ


Bahan Amplang Ikan Tenggiri

200 gram ikan tenggiri giling

400 gram tepung tapioka

2 butir telur

5 siung bawang putih

2 sdm gula pasir

1 sdm kaldu bubuk ayam

1 sdt garam

1/4 sdt baking powder

1/4 sdt soda kue

Minyak goreng yang banyak


Cara Membuat Amplang Ikan Tenggiri

Bersihkan ikan tenggiri dengan air mengalir. Buang kotoran, bagian kepala, ekor dan sirip ikan.

Belah ikan lalu ambil tulang atau duri-durinya. Jika sudah, masukkan ke dalam blender lalu haluskan daging ikan tenggiri.Domino99

Jika sudah, tuangkan daging ikan tenggiri yang telah digiling ke dalam wadah atau baskom bersih. Sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, kupas bawang putih dari kulitnya. Haluskan dengan chopper atau diulek secara manual. Masukkan ke dalam wadah berisi daging ikan tenggiri giling. Aduk-aduk merata.

Masukkan 2 butir telur. Aduk-aduk sebentar lalu bumbui menggunakan gula pasir, kaldu bubuk, garam, baking powder dan juga soda kue.

Aduk-aduk sampai semua bahan adonan tersebut tercampur menjadi satu.

Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan amplang kalis dan tidak terlalu lengket.

Pindahkan adonan amplang ke atas medan datar dan bersih. Taburi dengan tepung tapioka sedikit saja.

Ambil sedikit adonan amplang, kemudian pilin serta potong-potong sesuai selera.

Agar tidak menempel satu sama lain, masukkan potongan adonan amplang ke dalam wadah yang sudah diisi minyak. Ulangi hingga selesai dan adonan habis.

Setelah selesai dengan adonannya, kini waktunya menggoreng amplang. Tuangkan minyak goreng yang banyak pada wajan.

Situs Judi Online Aman Dan Terpercaya

SahabatQQ

Taruh di atas kompor, nyalakan api sedang dan tunggu sampai minyak panas. Masukkan satu persatu adonan amplang ke dalam minyak panas hingga wajan terisi penuh.

Goreng amplang hingga mengembang, setelah itu kecilkan apinya. Goreng dengan cara diaduk terus menerus sampai amplang matang.

Angkat dan tiriskan amplang yang sudah matang hingga minyaknya turun.

Pindahkan ke dalam toples dan siap untuk dinikmati atau digunakan sebagai stok camilan.


Tips Membuat Amplang Ikan Tenggiri

Jika tidak mau ribet, kamu bisa menggunakan daging ikan tenggiri filet. Jika menggunakan daging ikan tenggiri filet, kamu hanya perlu memotongnya kecil-kecil dan tinggal memasukkannya ke dalam blender. Ikan tenggiri filet bisa kamu dapatkan di supermarket atau toko frozen food terdekat.

Selain ikan tenggiri, ada berbagai jenis ikan yang juga cocok dijadikan bahan dasar pembuatan amplang. Kamu bisa menggunakan ikan gabus atau ikan belida. Ini bisa jadi alternatif jika kamu kesulitan mendapatkan daging ikan tenggiri.

Menggoreng amplang membutuhkan waktu yang cukup lama. Kamu butuh waktu sekitar 30–40 menit supaya amplang benar-benar matang merata serta renyah. Jadi kamu harus ekstra sabar dan telaten untuk mengaduk-aduk amplang saat di penggorengan.


Link Alternatif : PLAYSAHABAT.COM

Resep amplang dari olahan ikan tenggiri di atas, bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Selain dinikmati sebagai camilan sehari-hari, makanan ini juga bisa dijadikan ide jualan, lho. Rasanya yang gurih dan renyah, tentu bakal bikin siapa pun ketagihan!

Posting Komentar

0 Komentar