Looking For Anything Specific?


5 Makanan Khas Turki Berbahan Dasar Daging, Gak Cuma Kebab!

  


  Doyanmakan66 - Sebagai negara yang menjadi jembatan bagi dua benua yang berbeda, Turki jelas punya banyak budaya unik hasil perpaduan dari Asia dan Eropa. Salah satu bentuk perpaduan 2 budaya dari 2 benua berbeda itu dapat kita lihat dari makanan-makanan khas Turki. Beberapa makanan sangat terlihat khas Asia, sedangkan beberapa lainnya sangat mirip dengan makanan khas Eropa.

Salah satu makanan yang paling umum dijumpai di Turki adalah olahan berbahan dasar daging. Kebab mungkin adalah makanan khas Turki yang paling akrab di telinga kita. Akan tetapi, tentunya negara yang satu ini juga menyimpan banyak makanan dari daging yang tak kalah nikmat dengan kebab. Makin penasaran dan ingin segera mencicipinya? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!SahabatQQ


1. Dolma


Dolma merupakan salah satu makanan tradisional Turki yang sangat populer. Saking populernya, makanan ini dijuluki sebagai makanan nasional di sana. Menariknya, bahan untuk membuat dolma itu sebenarnya cukup fleksibel. Umumnya ada dua varian berbeda dari dolma, yakni dolma dengan isian daging dan dolma dengan isian buah zaitun.DominoQQ

Dilansir Taste Atlas, bahan utama dari dolma secara tradisional adalah daun anggur yang diisi oleh campuran nasi dan daging sapi atau domba giling. Akan tetapi, saat ini sayuran lain, semisal zucchini, paprika, dan terung, juga bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk dicampur dengan isian. Oh iya, makanan yang satu ini diketahui sudah dikonsumsi oleh masyarakat Turki sejak abad ke-7 Masehi, lho.

2. Sarma

Salah satu makanan khas Turki yang kaya akan bumbu dan rempah bisa kita temui pada sarma. Makanan yang satu ini begitu populer sejak zaman Kesultanan Utsmaniyah, bahkan juga dikonsumsi di beberapa negara sekitar Balkan, Timur Tengah, dan Kaukasus. Oleh karena dikonsumsi di beberapa negara berbeda, wajar kalau ada banyak versi dari sarma.

Menurut Taste Atlas, olahan sarma asli Turki berbahan dasar daging sapi atau domba yang dicampur bersama nasi atau bulgur, berbagai rempah dan bumbu, serta beberapa sayuran. Isian itu kemudian dibalut ke dalam collard, kubis, atau daun anggur. Campuran itu kemudian dikukus dan direbus bersama jus tomat hingga airnya menyusut. Umumnya, sarma dinikmati masyarakat Turki sebagai makanan utama.Domino99


3. Cig köfte


Kata köfte sendiri berarti 'bakso' khas dari Turki. Di sana, ada begitu banyak olahan bakso lokal yang punya cita rasanya tersendiri. Akan tetapi, cig köfte jelas merupakan salah satu olahan bakso unik dari Turki. Bagaimana tidak? Olahan bakso yang satu ini sebenarnya adalah bola daging yang disajikan secara mentah-mentah, lho.

Situs Judi Online Aman Dan Terpercaya 

Mengutip CNN, cig köfte berbahan dasar daging sapi giling yang dicampur dengan bulgur, pasta tomat, bawang-bawang, dan bumbu khas Turki. Setelah dicampur, bahan-bahan tersebut kemudian akan diuleni hingga dinyatakan siap saji. Bagaimana cara menentukan kapan cig köfte siap disajikan? Cukup lemparkan saja campuran daging itu ke langit-langit. Jika campuran menempel di langit-langit, tandanya cig köfte siap disajikan!


4. Kuzu tandir

Kuzu tandir adalah makanan khas Turki yang memerlukan kesabaran dalam membuatnya. Olahan berbahan dasar daging domba ini perlu dipanggang secara perlahan hingga dapat menghasilkan tekstur yang lembut ketika digigit. Kuzu tandir sendiri juga termasuk sebagai makanan tradisional Turki yang telah eksis sejak lama, lho.

Nomad Paradise melansir untuk membuat kuzu tandir secara tradisional, diperlukan sebuah oven tradisional bernama tandir untuk memasaknya. Sebelum dimasak, daging domba akan dicampur dengan bumbu seperti garam, lada, lemon, daun salam, dan rosemary. Setelah dibumbui, daging akan masukkan ke dalam tandir untuk dimasak secara perlahan di atas arang. Proses memasak ini bisa memakan waktu berjam-jam.

Domino99

5. Lahmacun

Selain memiliki bakso lokal, ternyata Turki juga punya piza lokal yang tak kalah sedap. Namanya adalah lahmacun, olahan roti tipis yang pipih dengan daging cincang berbumbu sebagai topping-nya. Meski terlihat tipis, sebenarnya lahmacun dibuat dengan campuran berbagai rempah dan bumbu sehingga menghasilkan rasa serta aroma yang kuat.

Dilansir CNN, pasta untuk lahmacun dibuat dengan pasta tomat yang dicampur dengan bawang dan bumbu khas Turki. Pasta tersebut dibalur ke roti tipis bernama pita, kemudian dicampur lagi dengan daging sapi giling. Nantinya, beberapa sayuran juga dicampur sebelum roti dilipat dan dipanggang. 

Link Alternaif :PLAYSAHABAT.NET 

Secara penampilan, kekhasan Asia dan Eropa dari makanan-makanan khas Turki memang sangat terasa. Akan tetapi, dengan rempah dan bumbu lokal, dijamin, deh, kalau rasa dari makanan berbahan dasar daging asal Turki itu punya cita rasa otentik yang tak bisa ditemukan dari makanan lain yang ada di dunia. Gimana? Kamu tertarik mencoba makanan-makanan di atas?

Posting Komentar

0 Komentar