Looking For Anything Specific?


6 Masakan Sulawesi Ini Bisa Jadi Ide Olahan Daging Sapi Kurban, Lezat!

    

     Doyanmakan66  -   Apakah kamu pernah mencicipi masakan khas Sulawesi? Selain terkenal dengan olahan ikannya, ada juga masakan khas Sulawesi yang berbahan dasar daging sapi. Bahkan ada salah satu masakan merupakan ikon kuliner dari daerah ini.SahabatQQ


Masakan tersebut adalah coto makassar. Namun, bukan hanya itu saja, masih ada masakan lain berbahan daging sapi yang memiliki rasa memikat. Setelah Idul Adha, mungkin kamu masih memiliki daging kurban. Nah, kamu bisa mengolahnya menjadi enam masakan khas Sulawesi berikut ini. 


1. Sop saudara

Sop saudara adalah salah satu masakan khas Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan. Beberapa resep menambahkan kacang tanah sangrai yang dihaluskan, santan atau susu untuk kuahnya. Namun, tergantung dari selera mana yang akan ditambahkan.

Cara membuatnya mudah, potong daging kotak-kotak atau sesuai selera lalu rebus hingga empuk. Haluskan bumbu yang terdiri dari, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, sereh, ketumbar, merica, pala, jintan, cabai merah, kunyit, dan kemiri, kemudian ditumis.  Tambahkan daun jeruk, daun salam, dan kayu manis, tunggu hingga tumisan bumbu tercium wangi.

Masukkan tumisan dalam rebusan daging, masak kembali hingga mendidih. Mudah bukan cara membuatnya. Saat disajikan beri soun, perkedel kentang, dan paru goreng.DominoQQ


2. Coto makassar

Masakan ini sangat legendaris bagi masyarakat Sulawesi dan masih eksis hingga sekarang. Bahan dasar dari coto ini adalah daging dan jeroan sapi. Saat merebus, daging dan jeroan jangan dicampur agar cita rasa tetap terjaga.

Situs Judi Online Aman Dan Terpercaya

Rebus daging hingga empuk dengan air cucian  beras dan jangan dibuang, karena akan dipakai sebagai kuah dari coto. Sementara jeroan, direbus dengan air biasa dan buang airnya jika telah empuk. Bumbu yang digunakan untuk membuat coto ini adalah bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, pala, jintan, kemiri, pala, lengkuas, jahe, dan lain-lain.DominoQQ

Kuah dari coto ini wajib diberi kacang tanah atau kacang mede sangrai yang dihaluskan sehingga rasanya enak dan gurih. Sajikan coto ini dengan taburan daun bawang, bawang goreng, sambal tauco, dan perasan jeruk nipis. Jangan lupa ketupat atau burasa akan menambah kelezatannya.


3. Pallubasa

Jika diperhatikan pallubasa hampir sama dengan coto makassar. Bedanya pallubasa hanya memakai jeroan saja sebagai bahan dasarnya. Dalam kuahnya juga diberi kelapa sangrai yang dihaluskan hingga keluar minyaknya. Domino99

Selain kelapa sangrai juga diberi kuning telur ayam kampung mentah pada kuahnya. Jangan khawatir, tidak akan berbau amis karena bumbu pada pallubasa akan menetralisir bau amis tersebut. Saat menyajikan beri irisan daun bawang, bawang goreng, sambal, dan kecap.


4. Konro

Nah, kalau pembagian kurbanmu ada tulang iga maka dapat diolah menjadi konro. Masakan ini terbuat dari tulang iga yang masih menempel dagingnya serta bumbu yang terdiri dari rempah-rempah beraroma tajam.Domino99

Lebih istimewa lagi konro menggunakan keluwek sehingga kuahnya berwarna hitam menjadikan rasanya jadi sangat spesifik. Dalam perkembangannya, saat ini ada konro bakar, di mana iga yang masih berbalut daging dibakar dahulu lalu disajikan secara terpisah dengan kuahnya, menarik bukan?


5. Sup brenebon

Sup brenebon atau sup kacang merah adalah masakan khas Sulawesi Utara. Makanan ini mengadopsi masakan Belanda tetapi menggunakan rempah-rempah khas Indonesia. 

Kuah sup berasal dari kaldu daging sapi diberi kacang merah atau brenebon dan sayuran. Bumbu yang digunakan adalah bawang putih, cengkeh, pala, dan jahe sehingga sup ini rasanya gurih dan memberi rasa hangat saat dikonsumsi. Cocok dinikmati saat musim hujan.Domino99


6. Gore-gore sapi

Jika pembagian kurban ada daging sapi has dalam maka dapat dibuat gore-gore sapi. Masakan ini yang berasal dari Sulawesi Tengah. 

Sebelum diolah potong daging kotak-kotak atau menurut selera. Kemudian rebus dengan bumbu terdiri dari jahe yang sudah dimemarkan, kayu manis bubuk, cengkeh, daun salam, air asam, dan garam. Setelah empuk, barulah daging digoreng.

Tumis bumbu terdiri dari, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih, lengkuas, sereh, dan penyedap, hingga wangi. Lalu, masukkan daging yang telah digoreng tadi. Aduk dan tunggu hingga bumbu meresap.

Sebagai pelengkap gore-gore sapi diberi taburan ubi jalar atau kentang yang diiris memanjang seperti korek api dan digoreng sampai garing serta kacang goreng. Gak salah lagi gore-gore ini  rasanya gurih dari daging dan kacang serta renyah dari irisan ubi atau kentang garingnya.

Link Alternaif :JAYASAHABAT.ORG

Masakan khas Sulawesi ini menggunakan bumbu dengan banyak rempah-rempah sehingga rasanya enak. Dengan membuat masakan seperti di atas maka daging kurbanmu terolah semua, mulai dari daging, jeroan, hingga tulangnya. Yuk, langsung buat salah satu hidangan di atas!

Posting Komentar

0 Komentar