DoyanMakan66 - Bagi kamu penggemar idol atau drama Korea, pasti tidak asing dengan minuman banana milk alias susu pisang? Minuman ini kerap muncul dalam adegan drama Korea maupun dinikmati oleh idol K-Pop.
Disebut dengan 바나나맛 우유 (banana mat uyu), minuman ini terbuat dari susu dengan campuran rasa pisang. Rasanya yang segar dan lezat membuat susu pisang populer dan jadi salah satu ikon K-food saat ini. Sebenarnya siapa yang pertama kali membuatnya dan bagaimana bisa populer? Yuk, cari tau lewat 5 fakta menarik berikut!
1. Awal produksi susu pisang
Di negara lain susu rasa pisang mungkin jadi varian rasa baru. Tapi tidak di Korea Selatan, susu rasa pisang sudah diproduksi mulai tahun 1974, lho. Susu pisang pertama kali diproduksi oleh perusahaan bernama Binggrae. Perusahaan tersebut memproduksi snack, olahan susu dan fermentasi. SahabatQQ
Awalnya perusahaan Binggrae memproduksi susu pisang karena masalah kekurangan gizi yang melanda Korea Selatan pasca perang. Saat itu pemerintah Korea mendorong warganya untuk minum banyak susu. Namun susu tanpa rasa tidak cocok dengan selera masyarakat, jadi munculah ide Binggrae memadukan rasa pisang ke dalam susu.
2. Digemari warga Korea
Ketika pertama kali diluncurkan, susu pisang langsung dicintai oleh warga Korea Selatan. Mengingat buah pisang sulit tumbuh di iklim dingin, menjadikan buah ini mahal dan langka. Dengan adanya susu pisang mereka bisa mencicipi rasanya tanpa label mahal. Harganya yang masuk akal juga memenuhi tujuan pemerintah untuk membuat masyarakatnya minum susu.
Selain itu mereka menyukai rasa dari pisang yang dinilai lezat, beraroma lembut, dan tidak terlalu manis. Susu pisang gak hanya dinikmati oleh anak- anak atau remaja, namun segala usia juga menyukai minuman ini, lho!
SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya
3. Favorit para idol KPop
Seperti yang kamu tahu, susu pisang yang lembut dan segar ini menjadi minuman favorit beberapa idol KPop. Salah satunya yakni Jungkook member boygroup BTS. Di beberapa kesempatan, Jungkook memamerkan momen saat menikmati susu pisang.
Penyanyi solo IU juga sangat menyukai susu pisang. Bahkan ia sempat didapuk sebagai brand ambassador susu pisang dari Binggrae. IU tampil manis dan gemas saat mempromosikan susu pisang tersebut. Selain IU juga ada Lee Kwang Soo yang menjadi bintang iklan susu pisang no. 1 di Korea Selatan tersebut.
4. Kemasan susu pisang terinspirasi dari guci
Jika biasanya susu dikemas dalam botol atau kotak biasa, berbeda dengan susu pisang di Korea memiliki kemasan unik. Kemasan susu pisang di Korea terbuat dari botol plastik yang desainnya terinspirasi dari guci tradisional Korea.
Guci ini disebut dengan Hanggari atau dengan nama lain guci bulan. Bentuknya yang sederhana dengan mulut botol menjorok, memudahkan peminum untuk menggenggamnya dan tidak tumpah ke wajah.
Namun sekarang ini sudah ada susu pisang dalam kemasan kotak yang biasa dijual satuan. Ada juga satu bundle yang berisi sekitar 4-6 susu pisang.
5. Varian rasa lain
Setelah sukses dengan susu pisang yang penjualannya 800.000 botol per hari senilai lebih dari 100 miliar Won, perusahaan Binggrae membuat varian rasa lain. Selain susu pisang ada varian light, stroberi, melon, kopi, leci, madu, jeruk tangerine, ubi manis, hingga mulberry.
Semua rasa ini bisa dengan mudah dibeli di setiap minimarket maupun supermarket Korea Selatan. Di tempat oleh-oleh khas Korea, susu ini juga tersedia bagi turis yang mencari buah tangan setelah berlibur di Korea Selatan.
Nah, itu tadi fakta menarik tentang susu pisang yang populer di Korea Selatan. Kamu sudah pernah cobain susu pisang khas Korea ini belum? Tulis komentarmu di bawah, ya. Agen Domino99
0 Komentar