Madumongso Jajanan Khas Jatim Yang Tak Pernah Absen Saat Lebaran

  Doyanmakan66 - Samarinda - Tidak Lengkap rasanya jika tidak menyajikan cemilan unik berwarna pekat yang sering dijumpai saat hari Raya Idul Fitri.SahabatQQ

SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya

Madumongso makanan manis dari tape ketan yang berasal dati Jawa Timur ini cukup digemari oleh masyarakat Indonesia.DominoQQ

Pada setiap momen lebaran, madumongso tak pernah absen melengkapi ragam suguhan. Kue tradisional tersebut dibentuk dengan ukuran kecil dibungkus plastik berwarna warni dengan rasa yang khas layaknya tape.

Nanil (56) tahun warga Gang 1, Jalan M.Yamin mengatakan madumongso menjadi makanan wajib disantap saat lebaran secara turun menurun.

Ibu rumah tangga ini mengakui selalu membuat madumongso pada lebaran, diakuinya makanan ini banyak digemari saudara maupun tamu yang berkunjung kerumah.


"Makanan ini harus ada dan wajib setiap lebaran,"ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (2/5).

Menurutnya, membuat madumongso dengan rasa yang pas dibutuhkan ketepatan dalam menentukan komposisi bahan bakunya yang terdiri atas ketan hitam, gula merah, gula pasir, dan santan.

Situs Judi Online Aman Dan Terpercaya

SahabatQQ

DominoQQ

Domino99

Proses itu mulai mengukus ketan hitam, kemudian di fermentasi dari ketan hitam menjadi tape diberi ragi didiamkan selama 3 hari.

Agar menjadi madumongso, maka tape ketan harus dimasak dengan santan dan gula pasir. Untuk memasaknya butuh waktu sampai 7 jam hingga menjadi adonan yang kental kecokelatan.

"Masaknya bisa sampai 7 jam agar sampai jadi madumongso. Kemudian ketan dicampur santan dan gula diaduk sampai menjadi seperti dodol maka jadilah madumongso itu," terangnya.

Link Alternatif :>>> PLAYSAHABAT.COM <<<<

Resep madumongso ini sebutnya sudah diturunkan dari orang tua. Semoga jajanan tradisional ini saat lebaran tidak hilang. (Prb/ty).

Posting Komentar

0 Komentar