Looking For Anything Specific?


Resep Batagor tanpa Ikan dengan Saus Asam Pedas, Gak Kalah Enak!

   

   Doyanmakan66 - Bagi kamu yang malas keluar rumah untuk membeli batagor, kamu bisa membuatnya sendiri. Kebanyakan batagor yang dijual oleh abang-abang pinggir jalan merupakan batagor dengan daging ikan tenggiri. Namun tak perlu khawatir, kamu tetap bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan seadanya, kok!

Kamu hanya perlu tepung tapioka, tepung terigu, tepung beras, dan tambahan beberapa bumbu lainnya. Soal rasa tidak usah ditanya, gak kalah lezat kok dengan batagor ikan tenggiri. Penasaran seperti apa resep batagor tanpa ikan secara lengkapnya?

SahabatQQ

Bahan Batagor Tanpa Ikan

Bahan batagor:


250 gram tepung tapioka

120 gram tepung terigu

25 gram tepung beras 

1 sdt baking powder 

1 sdm kaldu jamur

5 siung bawang putih, haluskan

1 butir telur ayam, kocok lepas

2 batang daun bawang, iris

200 ml air  

20 lembar kulit pangsit

Minyak secukupnya untuk menggoreng  

Saus asam pedas:

1 sdm margarin

5 buah cabai rawit merah, cincang 

3 siung bawang putih, cincang 

1 buah tomat, cincang 

3 sdm saus sambal

1 sdt gula pasir

1/2 sdt kaldu jamur

100 ml air

1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

1 sdm air jeruk nipis

DominoQQ

Cara Membuat Batagor Tanpa Ikan

Batagor: Ambil wadah atau baskom bersih berukuran sedang. Masukkan tepung tapioka, tepung terigu, tepung beras, bawang putih, baking powder, dan kaldu jamur ke dalamnya.

Aduk-aduk semua bahan kering tersebut sampai tercampur merata. Setelah itu, masukan telur dan irisan daun bawang. Aduk-aduk lagi sampai tercampur.

Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk adonan sampai tingkat kekentalan adonan yang diinginkan.

Ambil selembar kulit pangsit siap pakai, kemudian taruh satu sendok makan adonan batagor di atasnya.

Lipat kulit dengan cara menekan semua sisinya ke arah tengah. Ulangi sampai selesai dan semua adonan batagor terbungkus kulit pangsit.

Selanjutnya, tuangkan minyak yang banyak pada wajan. Panaskan minyak tersebut lalu masukkan batagor ke dalamnya.Domino99

Goreng sambil sesekali diaduk agar matangnya merata. Apabila warnanya sudah berubah menjadi golden brown, angkat dan tiriskan sampai minyaknya turun.

Saus asam pedas: Panaskan margarin hingga meleleh. Masukkan bawang putih dan cabe rawit. Aduk-aduk dan tumis sampai aromanya wangi.

Tambahkan tomat yang sudah dicincang. Aduk-aduk sampai layu, kemudian tuangkan air hingga terendam.Domino99

Tuangkan saus sambal, beri gula pasir lalu aduk-aduk lagi sampai tercampur merata. Diamkan dan masak dengan api kecil sampai tomat hancur.

Terakhir, masukkan larutan tepung maizena. Masak sambil diaduk sampai tekstur saus asam pedas menjadi kental.

Koreksi rasa, jika sudah pas angkat dan matikan kompornya. Pindahkan ke dalam mangkuk atau wadah lainnya.

Beri perasan jeruk nipis lalu aduk rata!

Penyajian: Siapkan piring bersih, ambil secukupnya batagor yang sudah matang. Potong-potong jika perlu lalu tata di atas piring.

Siram batagor dengan saus asam pedas di atasnya. Batagor tanpa ikan bisa langsung dinikmati!


Tips Membuat Batagor Tanpa Ikan

Selain kulit pangsit, kamu bisa menggunakan tahu juga sebagai pelapis adonan batagor. Gunakan tahu goreng yang bagian putih-putihnya sudah dibersihkan atau bisa juga menggunakan tahu pong. Masukan adonan batagor ke dalam tahu lalu goreng sampai matang.

Kamu boleh menyajikan batagor tanpa ikan dengan sambal kacang. Caranya cukup haluskan kacang goreng, cabai, bawang putih dan merah, gula merah, dan berbagai bumbu hingga penyedap. Setelah halus, bisa kamu masak sambil tuangi sedikit air hingga meletup-letup!

Link Alternatif :PLAYSAHABAT.ORG

Semoga resep batagor tanpa ikan di atas bisa menambah referensi memasakmu, ya. Sekarang gak perlu khawatir jika ingin menyantap batagor tapi tak ada daging ikan tenggiri. Cukup dengan tepung-tepung dan beberapa bumbu saja rasanya gak bakal kalah enak!

Posting Komentar

0 Komentar