Looking For Anything Specific?


Resep Rojak Tahu Khas Malaysia, Sederhana tapi Rasanya Istimewa

  

  Doyanmakan66 - Rojak merupakan sajian khas negeri Jiran Malaysia. Penyajian rojak berbeda dengan kebanyakan rujak di Tanah Air. Rojak selalu mengandalkan tahu dan buah-buahan segar sebagai bahan utamanya.

Ditambah lagi, rojak tidak memakai petis seperti kebanyakan rujak di Indonesia. Rojak menggunakan tambahan terasi pada bumbunya yang menjadikannya lebih harum. Seperti apa cara buat rojak tahu khas Malaysia? Yuk, simak resepnya bagi yang penasaran.SahabatQQ


Bahan Rojak Tahu


Bahan:


2 papan tahu goreng


Pelengkap:

1/2 buah nanas

1 buah mentimun

1/2 buah mangga muda

Taburan:


50 gram kacang tanah


Saus:

2 sdm kecap manis

1 sdm air jeruk nipis

3 buah cabe merah keriting

2 siung bawang putih

1 sdt terasi goreng

50 gram gula merah

1 sdt garam


Cara Membuat Rojak Tahu



Tahu: Siapkan 2 papan tahu berukuran besar. Potong-potong setebal 1,5-2 cm.

Panaskan minyak goreng yang banyak. Goreng tahu sambil sesekali dibalik hingga bagian luarnya kering dan berubah warna menjadi cokelat keemasan.Dominoqq

Jika sudah, angkat dan tiriskan tahu supaya minyaknya turun. Sisihkan tahu goreng terlebih dahulu.

Pelengkap: Selanjutnya, siapkan buah-buahan macam nanas, mentimun, dan mangga muda.

Untuk nanasnya, potong-potong memanjang sesuai selera. Sementara itu, untuk mentimunnya bisa dipotong korek api. Sedangkan mangga muda cukup diparut saja. Sisihkan!

Taburan: Cuci bersih kacang tanah dari kotoran yang menempel. Rendam kacang tanah dengan air, lalu kupas kulit arinya hingga bersih. Angkat dan tiriskan.

Apabila kacang tanah sudah kering, taruh di atas wajan kemudian nyalakan kompornya.

Aduk-aduk dan sangrai kacang tanah hingga warnanya berubah sedikit gelap.

Setelah itu, masukan kacang tanah yang telah disangrai ke dalam blender atau chopper. Haluskan kacang tanah tersebut lalu pindahkan ke atas mangkuk. Sisihkan kembali.Bandar Poker

Saus: Masukan cabe merah, bawang putuh, terasi, gula, dan garam ke dalam chopper atau blender. Giling semua bahan bumbu halus. Pindahkan ke dalam wadah atau mangkuk bersih.

Tuangkan kecap dan air jeruk nipis. Aduk-aduk sampai bumbu, kecap, dan air jeruk nipis tercampur menjadi satu.

Penyajian: Siapkan piring bersih. Ambil tahu goreng lalu potong-potong jadi bentuk dadu. Taruh dalam piring.

Tambahkan nanas, mentimun, dan mangga muda di atasnya. Guyur menggunakan saus rojak.

Terakhir, taburi rojak dengan kacang sangrai yang telah dihaluskan. Sajikan!

Sebelum menyantap rojak tahu, aduk-aduk terlebih dahulu agar saus dan tahu tercampur merata! Selamat menikmati!


Tips Membuat Rojak Tahu


Selain menggunakan tahu biasa, kamu juga bisa memakai tahu jenis lain seperti tahu pong ataupun tahu sumedang. Rasa gurih yang berbeda akan kamu dapatkan ketika memakai tahu sumedang. Dijamin bakal lebih mantap!Situs Judi Online Aman Dan Terpercaya 

Jika kamu suka dengan makanan pedas, kamu bisa menambahkan cabe rawit pada bahan bumbu halus. Untuk takarannya, tergantung selera dan tingkat kepedasan yang kamu inginkan saja atau bisa juga menambahkan cabe giling saat hendak menyantap rojak tahu ini.

Saat menghaluskan kacang sangrai, jangan terlalu halus atau agak kasar saja. Ini supaya rasa dan tekstur kacang lebih terasa. Kamu juga boleh mencampur langsung kacang sangrai dengan sausnya, lho!

Selain kacang tanah, kamu bisa menambahkan biji wijen sebagai topping-nya. Namun harus kamu sangrai terlebih dahulu sebelumnya. Cukup sangrai sebentar saja dan jangan sampai gosong agar tidak pahit!

Link Alternatif ; JAYASAHABAT.NET

Resep rojak tahu khas Malaysia di atas bisa kamu coba di rumah, ya. Ini bisa jadi teman nongkrong saat lagi kumpul bareng teman-teman atau orang kesayangan. Cara buatnya yang mudah dan tidak ribet gak bakal bikin kamu mager, deh. Selamat mencoba!


Posting Komentar

0 Komentar