Looking For Anything Specific?


5 Bakmi Jawa Legendaris di Kota Jogja, Ada Favoritnya Pak Harto!

DoyanMakan66 - Selain gudegnya yang sudah tersohor ke mana-mana, Yogyakarta juga terkenal dengan kuliner bakminya. Bakmi sendiri merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta dan beberapa daerah di sekitarnya. Makanan ini adalah mi rebus yang dimasak dengan bumbu Jawa. 

Di Jogja sendiri, kamu bisa dengan mudah menemukan kuliner satu ini. Tapi kalau kamu mau bakmi yang udah terjamin rasanya, kamu bisa nih mampir ke beberapa bakmi Jawa legendaris berikut ini!

1. Bakmi Jawa Mbah Mo 

Bakmi Jawa Mbah Mo ini berjualan sejak tahun 1986. Beda dari kebanyakan warung yang jualan di pusat kota, kedai bakmi Jawa Mbah Mo ini terletak di pinggiran kota. Meski lokasinya lumayan jauh, bakmi Jawa Mbah Mo gak pernah sepi orderan, lho!

Bakmi Jawa Mbah Mo terkenal dengan rasa kuah yang gurih karena menggunakan campuran telur bebek. Sedangkan mi-nya disajikan dengan irisan daging ayam kampung. Selain bakmi godog yang jadi andalan, ada beberapa menu lain yang bisa kamu coba.

Mulai dari bakmi goreng, bakmi goreng istimewa, bakmi nyemek, dan bakmi godog istimewa. Jangan lupa, pesan wedang uwuh sebagai minumannya, ya!

Alamat: Jl. Parangtritis No.Km.11, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55715

Jam buka: Setiap hari, pukul 17.00-23.00 WIB

Harga: Rp21.000 - Rp27.000

2. Bakmi Jawa Pak Geno 

Buka dari tahun 1952, bakmi Jawa Pak Geno ini dikenal dengan kuah kental dan cita rasanya yang kuat karena penggunaan rempahnya yang cukup banyak. Selain itu supaya rasanya makin gurih, bakmi rebus disajikan dengan telur bebek.

Ada tiga menu andalan yang bisa kamu cicipi di warung sederhana milik Pak Geno yaitu bakmi rebus, bakmi goreng, dan bakmi magelangan. Oh ya, meski warungnya cukup sederhana, siapa sangka kalau warung bakmi ini merupakan tempat makan langganan mantan Presiden Soeharto dan Keraton Yogyakarta.

Konon, sang presiden gak pernah absen mencicipi bakmi Pak Geno setiap kali mampir ke Yogyakarta, lho!

Alamat: Jl. Mangkuyudan, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143

Jam buka: Setiap hari, pukul 17.25-23.00 WIB

Harga: Rp20.000

3. Bakmi Jowo Mbah Gito 

Biasanya warung atau kedai bakmi baru buka menjelang malam, tapi kamu bisa menyantap bakmi Jowo racikan Mbah Gito sejak pukul 11.00 siang. Buka sejak Mei 2008 lalu, bakmi Jowo Mbah Gito memiliki kuah kental yang gurih, suwiran daging ayam yang gak pelit, telur dan gak lupa, taburan bawang goreng sebagai pelengkap. Agen Domino99

Selain bakmi Jowo atau bakmi godog, kedai ini juga menyediakan menu bakmi goreng yang gak kalah nikmat. Terakhir, selain bisa menikmati bakmi, kamu juga bisa sekalian menikmati interior kedai yang unik dan kental dengan nuansa tradisional.

Alamat: Jl. Nyi Ageng Nis No.9, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171

Jam buka: Setiap hari, pukul 11.00-22.00 WIB

Harga: Rp20.000 - Rp35.000

4. Bakmi Jawa Pak Pele 

Ngomongin soal bakmi legendaris, belum lengkap rasanya kalau kamu gak nyobain bakmi Jawa Pak Pele. Eksis sejak tahun 1982, warung Jawa Pak Pele ini memang sederhana. Tapi jangan salah ya, cita rasa bakmi di sini juara banget! Kaldunya gurih, suwiran daging ayam kampungnya berlimpah, dan kekenyalan minya juga pas.

Makan bakmi di sini juga bikin kenyang karena memang porsinya banyak. Ada banyak pilihan bakmi yang bisa kamu coba, mulai dari bakmi godog kuning, godog putih, bakmi nyemek, bakmi goreng kuning, dan beragam menu lainnya yang gak kalah nikmat!

Alamat: JL. Pojok Tenggara Jl. Alun-Alun Utara, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131

Jam buka: Setiap hari, pukul 17.00-23.00 WIB

Harga: Rp20.000

5. Bakmi Mbah Noto 

Kalau kamu liburan ke daerah Gunung Kidul, jangan lupa mampir ke warung bakmi Mbah Noto. Berjualan sejak tahun 1987, bakmi godog disini istimewa banget, terutama di kuahnya. Beda dengan bakmi lain, kuah bakmi Mbah Noto berasal dari campuran kaldu ayam dan telur bebek.

Ayam yang dimasak untuk kaldu pun gak sembarangan, karena warung ini hanya menggunakan ayam betina yang sudah bertelur dan dimasak di atas tungku arang. Seporsi bakmi godog terdiri dari mie kuning, bihun, suwiran daging ayam kampung, telur, kecambah, taburan bawang goreng, dan irisan daun bawang. 

Alamat:  Jl. Jogja - Wonosari, Plumbon Lor, Logandeng, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55861

Jam buka: Setiap hari, pukul 06.00-23.00 WIB

Harga: Rp14.000

Kebanyakan warung bakmi legendaris ini memang sederhana. Tapi bukan berarti rasanya juga sederhana, ya! Sebaliknya, bakmi Jawa ini justru punya cita rasa yang luar biasa nikmat. Gak heran kalau mereka bisa bertahan puluhan tahun!

Posting Komentar

0 Komentar