Looking For Anything Specific?


5 Rekomendasi Kuliner Tradisional di Yogyakarta untuk Budget Rp50 Ribu

DoyanMakan66 - Berwisata ke Yogyakarta rasanya tak lengkap kalau belum menjelajahi kulinernya. Jika gudeg dirasa terlalu mainstream, kamu bisa mencoba kuliner tradisional lainnya dengan cita rasa masakan rumahan.

Selain sudah terbukti lezat, hidangan di lima tempat makan berikut juga menawarkan kuliner tradisional untuk kamu yang punya bujet Rp50 ribu. Di mana saja tempatnya? Berikut lima rekomendasinya.

1. Pulen Kopi Ponti

Pulen Kopi Ponti jadi pilihan yang tepat jika kamu mencari kuliner tradisional yang bervariasi. Terletak di Jalan Candi Sambisari, Kalasan, Sleman, Pulen Kopi Ponti menawarkan suasana vintage rumah joglo dengan berbagai variasi masakan tradisional. Sebut saja, seperti soto, rawon, berongkos, botok, hingga empal.

Saat berkunjung ke resto ini, kamu wajib mencicipi kudapan ringan dan minuman khas Kopi Ponti yang banyak disukai pelanggan. Contohnya saja kue pisang, mendoan, kopi, dan jahe sereh. Restoran ini buka mulai jam 07.00-21.00 WIB, jadi cocok untuk tempat sarapan bersama keluarga.

2. Kandang Ingkung Resto dan Kopi

Bergeser ke daerah Balecatur, Gamping, ada Kandang Ingkung Resto dan Kopi yang menawarkan menu andalannya, yakni ingkung dan kopi dengan nama sama. Tempat makan ini unik, karena kamu bisa minum kopi sepuasnya dengan membayar seikhlasnya. Menarik banget, kan?

Ingkung adalah ayam utuh yang dibumbui dengan santan dan rempah khas Jawa, sehingga rasanya gurih. Di resto ini, ingkung dimasak dengan cara tradisional dan menggunakan ayam kampung asli, lho.

Selain ingkung, menu lain yang ditawarkan ada garang asem, lontong lodeh, nasi gurih, dan botok ayam. Ada juga kudapan ringan, seperti pisang goreng dan mendoan yang cocok banget dijadikan makanan pendamping kopi.

Alamat: Jitengan, Desa Balecatur, RT.01/RW.27, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman

Jam Operasional: Setiap hari, buka mulai pukul 10.00-20.30 WIB

3. Warung Mbak Diah

Mencari tempat makan tradisional yang menunya sehat? Warung Mbak Diah bisa dijadikan pilihan. Tempat makan yang ada di Jalan Perumnas, Seturan ini punya berbagai masakan rumahan dan minuman sehat dengan harga di bawah Rp30 ribu.

Saat berkunjung ke warung makan ini, kamu wajib mencoba ayam lombok ijo, bandeng presto, dan sego pecel. Selain masakan tradisional, Warung Mbak Diah juga menawarkan menu western, seperti complete breakfast, grilled tomato, dan french toast. DominoQQ

Harga makanan di warung ini ada di kisaran Rp15-30 ribuan per porsi, tergantung jumlah sayur dan lauk yang kamu ambil. Pastikan kamu datang ke Warung Mbak Diah sebelum jam 2 siang, agar pilihan lauknya masih beragam.

Alamat: Jalan Perumnas nomor 298, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman

Jam Operasional: Setiap hari, buka mulai pukul 06.00-15.00 WIB

4. Bakmi Jawa Wijaya

Bakmi Jawa Wijaya cocok bagi kamu yang suka kuliner malam. Ada di Jalan Blotan Sono, Ngemplak, Sleman, warung bakmi jawa ini termasuk yang paling luas di Jogja Utara, jika dibandingkan kedai serupa lainnya.

Menawarkan bakmi Jawa khas Gunung Kidul yang gurih, mi kuning yang disajikan di sini punya ukuran besar layaknya udon. Keunikan bakmi jawa ini tentunya ada di cara memasaknya yang menggunakan arang.

Berbekal budget Rp15-25 ribu, kamu bisa mendapatkan satu porsi bakmi godog ataupun bakmi goreng yang gurih. Menu lainnya yang juga ditawarkan di warung ini dan gak kalah enak, yaitu nasi godog dan magelangan.

Alamat: Jalan Blotan Sono, Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman

Jam Operasional: Setiap hari, buka mulai pukul 16.30-23.45 WIB

5. Cengkir Heritage Resto and Coffee

Cengkir Heritage Resto and Coffee termasuk restoran tradisional hidden gem di Yogyakarta, karena lokasinya yang mblusuk di pinggir sungai. Restoran yang berlokasi di Ngaglik, Sleman ini menawarkan konsep tempat makan nyaman seperti rumah si mbah alias rumah nenek.

Menu yang ditawarkan cukup bervariasi, mulai dari camilan, seperti jadah goreng hingga makanan berat, antara lain mangut lele, tempe garit, sosis solo, ayam bacem goreng, dan telur dadar krispi.

Saat berkunjung ke resto ini, kamu juga wajib mencoba menu kopi yang rasanya strong. Restoran ini paling nyaman dikunjungi di jam makan pagi dan makan malam. Di malam hari, kamu bisa mencicipi menu bakmi jawa, lho. Namun, menu tersebut tak ada di siang hari, ya.

Alamat: Jalan Sumberan 2 Nomor 4, Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman

Jam Operasional: Setiap hari, buka mulai pukul 08.00-22.30 WIB

Beberapa tempat makan tradisional di Yogyakarta menawarkan suasana khas pedesaan dengan cita rasa rumahan yang bisa menjadi pilihan. Masing-masing tempat makan di atas juga punya menu andalan. Kamu sudah memutuskan untuk mencoba makanan di resto yang mana?

Posting Komentar

0 Komentar